Share

Pentingkah Perlengkapan Safety Kiper Futsal

Jumat, 16 Agustus 2013

Halo kawan-kawan kiper futsal sekalian, saya akan menulis tentang perlengkapan safety kiper futsal yang paling penting hingga yang jarang dipakai oleh kiper futsal berdasarkan pengalaman saya menonton pertandingan futsal di internet (karena di Indonesia jarang ada siaran langsung pertandingan futsal). Tentunya perlengkapan safety ini bukan tanpa guna, tapi mengamankan tubuh dari kecelakaan/cidera yang tidak diinginkan. Oke langsung saja kita lihat perlengkapan apa saja itu:

1.      Knee Pad (Pelindung Lutut)
Jelas knee pad adalah perlengkapan yang WAJIB bagi kiper futsal. Bagaimana tidak, seorang kiper futsal harus berjibaku di lapangan yang keras (vinyl atau karpet plastik) yang bisa saja membuat lututnya bengkak atau lecet karena lapangan rumput sintetis jika tidak memakai knee pad ini.
2.      Elbow Pad (Pelindung Siku)
Bagi saya ini elbow pad adalah perlengkapan yang boleh pakai, boleh juga tidak. Mengapa? Kalau anda merupakan kiper futsal yang bisa melakukan gerakan split dengan cepat anda tidak membutuhkan elbow pad ini. Karena anda tidak perlu malakukan dive untuk menyelamatkan bola “menyusur tanah”, cukup menangkisnya dengan kaki dengan melakukan split. Nah, bagi kiper yang tidak bisa melakukan split, anda DISARANKAN menggunakan elbow pad ini. Saat melakukan dive siku anda akan terlindungi dari kerasnya lapangan futsal atau menghindari lecet karena lapangan rumput sintetis.
3.      Finger Tape (Pelindung Jari)
Pelindung jari berguna untuk melindungi jari dari pergeseran ruas tulang jari. Jadi perlengkapan yang satu ini DISARANKAN bagi anda para kiper kurus, karena resiko pergeseran ruas tulang jari lebih besar pada kiper kurus atau yang otot jarinya belum kuat. Finger tape pun punya dua varian berbeda, ada yang dari karet dan bisa dipakai berkali-kali ada juga yang bentuknya seperti pita berperekat yang hanya sekali pakai.
4.      Wrist Support (Pelindung Pergelangan Tangan)
Wrist support berfungsi melindungi pergelangan tangan dari cidera dan juga pemulihan cidera, buat kiper futsal di Indonesia saya lihat jarang yang menggunakan perlengkapan ini. Karena perlengkapan (Roll Tape/Athletic Tape) ini cukup sulit didapatkan di Indonesia.
5.      Gloves (Sarung Tangan)
Nah, untuk yang satu ini saya pikir sudah dibahas oleh KiperFutsalPost.net, jadi anda bebas mau pakai gloves atau mau barehand saja, kedua-duanya punya kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Nah sekian pembahasan perlengkapan safety kiper futsal dari saya, tentunya semua perlengkapan di atas belum termasuk sepatu futsal, shin guard, dan kaos kaki panjang yang wajib digunakan di setiap pertandingan futsal. Akhir kata saya mengucapkan terima kasih kepada pembaca, kalau ada kekurangan silahkan dikomentar saja. 
 
Kiper timnas Spanyol (Luis Amado) menggunakan elbow pad, wrist support, knee pad, & finger tape
Kiper timnas Russia (Gustavo) menggunakan gloves & knee pad
Kiper timnas Portugal (João Benedito) menggunakan wrist support, knee pad & finger tape


0 komentar: