Share

Preview Persipura vs Pahang FA (16 Besar AFC Cup 2015)

Senin, 18 Mei 2015


Sudah cukup lama rasanya saya tidak menulis di blog ini, setelah kesibukan kuliah dan kesibukan lainnya akhirnya diberilah lagi waktu untuk kembali menulis di blog pribadi milik saya ini. Diiringi dengan vakumnya kompetisi dalam negeri Indonesia tidak membuat Persipura Jayapura dan Persib Bandung berhenti bermain di kompetisi antar-klub Asia. Kedua klub masih punya kesempatan bermain regular di Piala AFC yang merupakan kompetisi kasta kedua antar-klub se-Asia. Namun dalam artikel saya kali ini, saya cenderung subyektif dan memilih untuk menganalisis kekuatan Persipura dan lawan mereka nanti di babak 16 besar Piala AFC, Pahang FA (Malaysia).

Pembahasan awal kali ini terlebih dahulu akan dibahas perjalanan Pahang FA dalam menjalani AFC Cup tahun 2015 dan sedikit kilas perjalanan Pahang FA di kompetisi domestic. Pahang FA menjalani AFC Cup tahun ini dengan rangkuman dua kali menang, dua kali imbang dan dua kali kalah. Mencetak 11 gol dan kebobolan 10 gol (+1).Unik memang rangkuman hasil Pahang ini, dua kali kemenangan Pahang diraih dari pertandingan kandang-tandang klub asal Myanmar, Yadarbon. Sementara dua kali hasil imbang diraih dari klub Filipina, Global. Dua kekalahan diperoleh dari klub asal Hongkong, South China. Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya Pahang bukanlah klub yang super dalam kompetisi antarklub Asia. Di mana mereka hanya bias mengalahkan perwakilan Myanmar dan meraih hasil imbang dari perwakilan Filipina, sementara ketika bertemu klub dengan kualitas sedikit di atas mereka (South China), Pahang belum bisa berbuat banyak. Namun, sekali lagi hal ini bukanlah jaminan 100% buat Persipura bakal dengan mudah melenggang ke babak 8 besar AFC Cup. Hal itu karena di Malaysia Super League (MSL) hingga saat tulisan ini dibuat, Pahang FA masih memimpin klasemen MSL dengan raihan 20 poin hasil dari 6 kali menang, 2 kali imbang dan 2 kali kalah. Bukan tidak mungkin strategi Maziya S&R saat berhasil menahan Persipura di Mandala akan diterapkan oleh pelatih Pahang, Zainal Abidin. Untuk pemain yang perlu diwaspadai oleh kubu Persipura adalah Dickson Nwakaeme, pemain asal Nigeria ini merupakan topskorer kedua sementara AFC Cup 2015 6 gol. Hal ini membuat Persipura harus ekstra waspada menjaga pemain ini.

Sementara, Persipura berhasil meraih 5 kali menang, 1 kali imbang dan tak terkalahkan di fase grup E AFC Cup 2015. Hal ini sudah saya prediksi dari awal karena wakil Thailand sudah tidak diperbolehkan lagi untuk bermain di AFC Cup karena jatah mereka hanya bisa mengikuti AFC Champions League.  Dan tidak ada wakli dari Hongkong yang satu grup dengan Persipura. Karena untuk wilayah Asia Timur, perwakilan Hongkong dan Indonesia-lah yang terkuat. Persipura selalu memiliki strategi menguasai bola dengan baik bila tim yang dilawannya memiliki kualitas di bawah Persipura. Rata-rata penguasaan bola yang dilakukan Peripura selama babak grup E piala AFC 2015 adalah 63% (sumber). Sangat baik untuk kelas klub Indonesia yang bermain di kompetisi antar-klub Asia. Boaz Solossa, Robertino Pugliara, Ian Kabes, Imanuel Wanggai, merupakan pemain yang bisa saja dan kapan saja mencetak gol di 90 menit pertandingan nanti. Saya yakin dalam 1 leg babak 16 besar nanti Persipura bisa menang tanpa perpanjangan waktu apalagi sampai penalty. Kecuali Zainal Abidin, pelatih Pahang FA menerapkan apa yang dilakukan Suzain, pelatih Maziya yang menerapkan strategi bertahan total.


Jujur saya bukanlah penebak skor yang handal, namun kemungkinan 65% berbanding 35% untuk kemenangan Persipura akan terjadi pada 26 Mei nanti di Mandala. Untuk skornya saya prediksi kemenangan keunggulan Persipura 4-1.

Nantikan!! 

PERSIPURA JAYAPURA (INDONESIA) vs PAHANG FA (MALAYSIA)
SELASA 26 MEI 2015
13.30 WIB | 15.30 WIT
STADION MANDALA JAYAPURA
LIVE RCTI/I-NEWS TV

0 komentar: